Kamis, 06 Oktober 2016

Mobilitas Sosial dan Macam-macam Migrasi

Nama         : Fani Gifari
Dosen        : Ahmad Nasher
Kelas         : 1KA29

Universitas Gunadarma



Mobilitas Sosial dan Macam-macam Migrasi

Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau kelompok dari lapisan (strata sosial) yang satu ke lapisan yang lain. Mobilitas berasal dari bahasa Latin, yaitu mobilis yang berarti mudah dipindahkan dari satu ke tempat ke tempat lain. Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan dengan “gerak” atau “perpindahan”. Mobilitas sosial merupakan suatu konsep dinamika sosial yang secara harfiah seringkali diartikan sebagai suatu gerakan yang terjadi akibat berpindah atau berubah posisi sosial seseorang atau sekelompok orang pada saat yang berbeda.

Berikut ini adalah pengertian mobilitas sosial yang dikemukakan oleh beberapa ahli sosiologi:

  • Menurut Soerjono Soekanto: mobilitas sosial adalah suatu gerak dalam struktur sosial yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial.
  • Menurut Kimball Young dan Raymond W. Mack: mobilitas sosial adalah suatu mobilitas dalam struktur sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial.
  • Menurut William Kornblum: mobilitas sosial adalah perpindahan individu-individu, keluarga-keluarga dan kelompok sosialnya dan satu lapisan ke lapisan sosial lainnya.
  • Menurut H.EdwardRansford: Mobilitas sosial adalah perpindahan ke atas atau ke bawah dalam lingkungan sosial secara hirarki.
  • Menurut Robert M.Z. Lawang: mobilitas sosial adalah perpindahan posisi dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain atau dari satu dimensi ke dimensi yang lainnya.
  • Menurut Horton dan Hunt: mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya.

Berdasarkan tipenya, jenis-jenis mobilitas sosial terbagi menjadi:

  • Mobilitas sosial vertikal: Mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan status yang  dialami seseorang atau sekelompok pada lapisan sosial yang berbeda.
  • Mobilitas sosial horizontal: Mobilitas sosial horizontal adalah perpidahan status sosial seseorang atau kelompok dalam lapisan sosial yang sederajat. Disini tidak terjadi perubahan derajat kedudukan seseorang atau sekelompok orang.
  • Mobilitas sosial lateral: Mobilitas sosial lateral adalah perpindahan orang-orang dari unit wilayah satu ke unit wilayah lainnya. Mobilitas sosial ini disebut juga mobilitas geografis.

Berdasarkan ruang lingkupnya, jenis-jenis mobilitas sosial antara lain:

  • Mobilitas sosial intragenerasi: Mobilitas sosial intragenerasi adalah mobilitas sosial yang dialami oleh seseorang selama masa hidupnya atau dengan kata lain adalah perubahan status sosial mulai lahir sampai masa tuanya.
  • Mobilitas sosial antargenerasi: Mobilitas sosial antargenerasi adalah mobilitas sosial yang terjadi pada dua generasi atau lebih.

Sekian uraian tentang Pengertian Mobilitas Sosial, semoga bermanfaat.
  • Agung S. S. Raharjo. 2009. Buku Kantong Sosiologi SMA IPS. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
  • Murdiyatmoko, Janu. 2008. Sosiologi: Memahami dan Mengkaji Masyarakat. Bandung: PT Grafindo Media Pratama.


Secara Umum, Pengertian Mobilitas Sosial adalah suatu proses perpindahan, atau pergerakan lapisan (strata sosial) seseorang atau kelompok. Istilah moblitas berasal dari bahasa Latin, yaitu Mobilis yang berarti mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.


Pengertian Migrasi dan Jenis-Jenis Migrasi

Migrasi merupakan perpindahan penduduk, dalam migrasi memiliki jenis-jenis atau macam-macam migrasi dalam dalam Pengertian Migrasi, Migrasi adalah perpindahan atau gerak penduduk dari suatu daerah ke daerah lain. perpindahan penduduk selain imigrasi terdapat jugatransmigrasi dan urbanisasi. Perpindahan penduduk dari migrasi memiliki berbagai jenis-jenis yang pengertian dan fungsinya berbeda-beda  satu dengan yang lainnya jenis-jenis migrasi seperti Remigrasi, imigrasi, evakuasi, migrasi, forensen (ngalaju), turisme, dan week and (berakhir pekan). Untuk mengetahui penjelasan tentang jenis-jenis migrasi mari kita lihat pembahasannya seperti dibawah ini. 

Jenis-Jenis Migrasi

1) Remigrasi adalah perpindahan penduduk untuk kembali ke tanah asalnya semula. Misalnya, karena sudah tua, seseorang kembali ke daerah asalnya agar setelah mati dapat dikubur di daerah asalnya.
2) Imigrasi adalah perpindahan penduduk dan negara asing untuk menetap dan menjadi warga negara di negara yang baru didatanginya. Misalnya, seseorang dari Indonesia pindah ke Amerika Serikat. Bagi Amerika Serikat orang tersebut disebutimigran.
3) Evakuasi adalah perpindahan atau pengungsian penduduk dari tempat tinggalnya karena gangguan keamanan/bencana. Misalnya, korban bencana alam.
4) Emigrasi adalah pindahnya sekelompok penduduk atau perorangan dari suatu negara ke negara lain. Misalnya, orang Indonesia yang menetap di Jepang. Bagi Indonesia disebut emigran,bagi Jepang disebut imigran.
5) Forensen (nglaju) adalah orang yang tinggal di desa (luar kota), tetapi mempinyai mata pencaharian di kota sehingga setiap hari pulang pergi dalam perjalanan. Hal itu disebabkan oleh sulitnya perumahan di kota. Misalnya, banyak orang bekerja di Jakarta, tetapi bertempat tinggal di luar Jakarta.
6) Turisme adalah perjalanan ke daerah-daerah pariwisata. Misalnya, orang yang berwisata ke daerah wisata, seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, dan Tana Toraja.
7) Week end (berakhir pekan) adalah kegiatan bepergian ke luar kota pada akhir minggu untuk menghirup udara segar. Misalnya, orang Jakarta berakhir pekan ke Puncak, Jawa Barat.

Sekian Artikel tentang Pengertian Mobilitas Sosial Pengertian Migrasi dan Jenis-Jenis Migrasi Semoga bermanfaat

Kesimupulan:
Mobilitas sosial adalah gerakan suatu status seseorang atau kelompok masyarakat, dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya, sedangkan migrasi adalah pindahnya penduduk dari suatu tempat ke tempat lain. oleh karena itu dibutuhkan yang namanya penataan masyarakat atau penataan penduduk, agar terciptanya pemerataan penduduk yang baik, dan menghindari yang namanya ketelantaran, peningkatan jumlah penduduk berlebih, melonjaknya angka pengangguran di suatu daerah atau tempat.



Referensi : gambar 1 gambar 2 web 1 web 2


EmoticonEmoticon