Jumat, 24 November 2017

PERANGKAT LUNAK SISTEM OPERASI (OPERATING SYSTEM)

Tags

PERANGKAT LUNAK SISTEM OPERASI (OPERATING SYSTEM)

Sistem Operasi (OS) adalah perangkat lunak (software) sistem yang mengelola sumber daya perangkat keras (hardware) komputer dan perangkat lunak, dan menyediakan layanan umum untuk program komputer. Semua program komputer, tidak termasuk firmware, memerlukan sistem operasi agar bisa berfungsi.
Pada komputer, sistem operasi merupakan perangkat lunak yang paling penting. Perangkat lunak ini berada di lapisan pertama pada memori komputer (memori yang dimaksud adalah hard disk, bukan RAM), sedangkan perangkat lunak lainnya seperti Program Aplikasi berjalan diatas sistem operasi.
Pada komputer desktop dan laptop, sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Windows dengan pangsa pasar sekitar 82%, OS X oleh Apple Inc di tempat kedua (9,8%), dan Linux berada di posisi ketiga (1,5%).

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
·         Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
·         Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
·         Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
·         Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
·         Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sistem operasi bekerja untuk mengatur operasi CPU, identifikasi input-output (I/O), tempat penyimpanan (memori) dan segala aktifitas komputer. Sistem operasi mengendalikan semua sumber daya komputer dan menyediakan landasan hingga sebuah program aplikasi dapat ditulis atau dijalankan.
Tugas-Tugas Sistem Operasi :
1. Menyediakan antarmuka pengguna (user interface), berupa:
* Melakukan perintah (command-base user interface) dalam bentuk teks.
* Mengarahkan menu (menu driven).
* Antarmuka unit grafik (graphical user interface-GUI).
* Kombinasi ikon dan menu untuk menerima dan melaksanakan perintah.
2. Menyediakan informasi yang berkaitan dengan hardware, yaitu berupa perangkat yang aktif atau pasif, dan mengendalikan perangkat I/O.
3. Melakukan tugas pengolahan dan pengendalian sumber daya dalam sebuah proses sebagai berikut:
* Multitasking, yaitu melakukan tugas secara serentak atau sekaligus pada aplikasi yang sama maupun berbeda.
* Multiprocessing, penggunaan atau pemrosesan sebuah program secara serentak oleh beberapa unit CPU.
* Timesharing, menggunakan sistem komputer yang sama pada banyak pengguna.
* Multithreading, memproses aktivitas pada bentuk yang sama dengan multitasking tetapi pada aplikasi tunggal.
* Scalability dan Network, upaya komputer dalam mengendalikan dan meningkatkan kewaspadaan dan keamanan jumlah pengguna dan memperluas pelayanan.
4. Pengelolaan file dan direktori data, yaitu memastikan file-file dalam penyimpanan sekunder tersedia jika diperlukan, dan mengamankan dari pengguna yang tidak diizinkan.
Layanan Sistem Operasi
Senuah sistem operasi yang baik harus memiliki layanan berupa eksekusi program, operasi I/O, menipulasi sistem file, komunikasi, dan deteksi kesalahan. Dalam pemakaian secara multiuser sistem dapat lebih menguntungkan yaitu lebih efisien karena pemakaian sumber daya bersama antara pengguna. Sebagai fungsi layanan bersama tersebut maka sistem operasi akan memberikan efisiensi pengguna sistem berupa:

* Resource allocator, yaitu mengalokasikan sumber daya ke beberapa pengguna atau pekerjaan yang berkalan pada saat yang bersamaan.
* Protection, menjamin akses ke sistem sumber daya yang dikendalikan (akses pengguna ke sistem menjadi terkendali)
* Accounting, yaitu merekam kegiatan pengguna, jatah pemakaian sumber daya (keadilan atau kebijakan)
Fungsi Sistem Operasi
Setelah mengetahui pengertian sistem operasi komputer, sekarang mari kita lihat apa fungsinya.
Fungsi sistem operasi (OS) komputer adalah mengatur semua perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer. Sistem operasi melakukan tugas-tugas dasar, seperti mengenali input dari keyboard, mengirimkan output ke layar, melacak file dan direktori pada hard disk, dan mengendalikan perangkat periferal seperti printer.
Sering kali, ada beberapa program komputer yang berjalan pada saat yang bersamaan, dan program-program ini perlu mengakses Central Processing Unit komputer (CPU), memori, dan penyimpanan. Pada kasus seperti ini, sistem operasi akan mengkoordinasikan semua program untuk memastikan setiap program mendapatkan apa yang dibutuhkan.
Sistem operasi juga memungkinkan pengguna (user) untuk berkomunikasi dengan komputer tanpa harus mengerti bahasa komputer.
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI
a)      Generasi Awal
Perkembangan awal Sistem Operasi masih dilakukan secara manual dalam artian belum muncul adanya Sistem Operasi yang secara otomatis artinyabelum mendukung layanan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian.
b)      Generasi Kedua
Di generasi ini sudah diperkenalkannya perkejaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian atau biasa disebut dengan Batch Proccessing System.
c)      Generasi Ketiga
Pada generasi ketiga, Sistem Operasi sudah mendukung layanan Multi-User, Multi-Programming dan Batch Proccessing System (Multi-Task).
d)      Generasi Keempat
Di masa ini, sudah diperkenankannya GUI (Graphical User Interface) yang
artinya Sistem Operasi memiliki tampilan dan dengan bermodalkan mouse,End-User dapat menjalankan aplikasi/porgram atau piranti lunak.
e)      Generasi Selanjutnya
Pada generasi selanjutnya diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah Sistem Operasi, ini adalah contoh sebuah Sistem Operasi berbasikan Website yang berkerja di dalam sebuah Sistem Operasi. Dan generasi selanjutnya diperkenalkanlah Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti PDA, Poket PC, dan lain sebagainya.
 Digenerasi selanjutnya diperkenalkan juga teknologi Sistem Operasi jaringan yang sifatnya virtual, sehingga dalam 1 jaringan hanya diinstal 1 buah Sistem Operasi pada Perangkat yang bertugas menjadi Server.Selain itu, diperkenalkan pula Cross Platform Operating System yang artinya dapat menggabungkan 2 Sistem Operasi berbeda seperti : Linux danWindows
PENGERTIAN KERNEL
ernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
Karena akses terhadap perangkat keras terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai multiplexing.
Akses kepada perangkat keras secara langsung merupakan masalah yang kompleks, oleh karena itu kernel biasanya mengimplementasikan sekumpulan abstraksi hardware. Abstraksi-abstraksi tersebut merupakan sebuah cara untuk menyembunyikan kompleksitas, dan memungkinkan akses kepada perangkat keras menjadi mudah dan seragam. Sehingga abstraksi pada akhirnya memudahkan pekerjaan programer.
Untuk menjalankan sebuah komputer kita tidak harus menggunakan kernel sistem operasi. Sebuah program dapat saja langsung di- load dan dijalankan diatas mesin 'telanjang' komputer, yaitu bilamana pembuat program ingin melakukan pekerjaannya tanpa bantuan abstraksi perangkat keras atau bantuan sistem operasi. Teknik ini digunakan oleh computer generasi awal, sehingga bila kita ingin berpindah dari satu program ke program lain, kita harus mereset dan meload kembali program-program tersebut.
Ada 4 kategori kernel:
1.           Monolithic kernel. Kernel yang menyediakan abstraksi perangkat keras yang kaya dan tangguh.
2.           Microkernel. Kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil abstraksi perangkat keras sederhana, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang disebut sebagai server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya.
3.           Hybrid (modifikasi dari microkernel). Kernel yang mirip microkernel,tetapi ia juga memasukkan beberapa kode tambahan di kernel agar ia menjadi lebih cepat.
4.           Exokernel. Kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi hardware, tapi ia menyediakan sekumpulan pustaka yang menyediakan fungsi-fungsi akses ke perangkat keras secara langsung atau hampir-hampir langsung.
Layanan inti umum
Seiring dengan berkembangnya Sistem Operasi, semakin banyak lagi layanan yang menjadi layanan inti umum. Kini, sebuah OS mungkin perlu menyediakan layanan network dan koneksitas internet, yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum. Sistem Operasi juga perlu untuk menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya, seperti virus. Daftar layanan inti umum akan terus bertambah.
Program saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi, Application Programming Interface atau disingkat dengan API. Dengan API inilah program aplikasi dapat berkomunikasi dengan Sistem Operasi. Sebagaimana manusia berkomunikasi dengan komputer melalui Antarmuka User, program juga berkomunikasi dengan program lainnya melalui API.
Walaupun demikian API sebuah komputer tidaklah berpengaruh sepenuhnya pada program-program yang dijalankan diatas platform operasi tersebut. Contohnya bila program yang dibuat untuk windows 3.1 bila dijalankan pada windows 95 dan generasi setelahnya akan terlihat perbedaan yang mencolok antara window program tersebut dengan program yang lain.
Sistem operasi dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1. Berdasarkan skala arsitekturnya (bit), sistem operasi dibedakan menjadi sistem operasi berskala 8-bit, 16-bit, 32-bit, dan 64-bit. Sistem operasi dengan skala 8-bit dan 16-bit saat ini sudah mulai ditinggalkan, sedangkan saat ini kebanyakan yang digunakan adalah skala 32-bit, seperti sistem operasi Microsoft Windows NT, Windows 2000, Windows XP, LINUX, IBM OS/400, Sun Solaris). Sedangkan yang baru dan masih jarang ditemui di pasaran adalah skala 64-bit. Seperti Windows XP 64-bit, Digital UNIX, Open VMS, IBM AIX for RS/6000, SGI IRIX, dan HP-UX.
2. Klasifikasi sistem operasi berdasarkan end-user interface.
* Command driven. Biasa juga disebut command line dimana perintah sistem operasi diketikkan pada prompt perintah atau dieksekusi melalui script file (misalnya pada sistem operasi DOS, UNIX, atau XENIX)
* Graphical user interface (GUI). Pengguna akhir menggunakan mouse atau alat penunjuk (pointer) yang lain untuk memilih objek yang mewakili suatu instruksi spesifik (misalnya: semua sistem operasi Windows, IBM OS/2, MAC-OS, LINUX)
3. Klasifikasi sistem operasi berdasarkan pengguna:
* Single-user single-tasking: sistem operasi yang hanya mampu untuk melayani satu pengguna pada satu saat untuk satu instruksi dalam satu siklus proses (misal MS-DOS)
* Single-user multi-tasking: sistem operasi yang hanya mampu untuk melayani satu pengguna pada satu saat tetapi mampu untuk mengeksekusi beberapa instruksi dalam satu siklus proses (misalnya Windows 95, IBM OS/2, MAC-OS).
* Multi-user multi-tasking: sistem operasi yang mampu untuk melayani beberapa pengguna sekaligus dalam satu waktu dan juga mampu untuk menjalankan beberapa instruksi sekaligus dalam satu siklus proses.
4. Klasifikasi sistem operasi berdasarkan pangsa pasar:
* Sistem operasi server/network, seperti Windows NT Server, Windows XP, IBM AIX for RS/6000, Digital UNIX, Open VMS, HP-UX, Sun Solaris, dan IBM OS/400, LINUX.
* Sistem operasi desktop, seperti Windows 95 / Windows NT Workstation, Windows XP, LINUX, OS/2 Wrap, MacOS, Java
* Sistem operasi Hanheld, seperti Windows CE, GEOS, Magic Cap.
Jenis-jenis Sistem Operasi
Hal terakhir yang perlu anda tahu selain pengertian sistem operasi komputer dan fungsinya adalah jenis-jenis sistem operasi itu sendiri.
Biasanya, sistem operasi sudah ter-install di komputer yang anda beli, dan kebanyakan orang menggunakan sistem operasi bawaan saat komputer pertamakali di beli. Tetapi sistem operasi bawaan komputer dapat di upgrade atau bahkan diubah. Adapun sistem operasi yang paling umum digunakan pada komputer pribadi adalah Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux.
Sistem operasi modern seperti tiga sistem operasi diatas menggunakan sebuah Graphical User Interface (GUI). GUI memungkinkan user menggunakan mouse untuk mengklik icon, tombol dan menu, dan semuanya ditampilkan pada layar menggunakan kombinasi grafis dan teks dengan jelas.
Setiap GUI sistem operasi memiliki tampilan dan cara pemakaian yang berbeda, jadi jika Anda beralih ke sistem operasi yang berbeda maka pada awalnya mungkin akan terasa asing atau aneh. Bagaimanapun juga, sistem operasi modern dirancang agar mudah digunakan, dan sebagian besar prinsip-prinsip dasarnya juga sama.
Berikut tiga sistem operasi komputer yang paling populer dan paling umum digunakan oleh pengguna komputer:
Microsoft Windows

sistem operasi komputer windows
Microsoft menciptakan sistem operasi Windows pada pertengahan 1980-an. Selama beberapa tahun ini, ada banyak versi windows yang telah dikembangkan, dan yang terbaru adalah Windows 10 (dirilis pada tahun 2015), Windows 8 (2012), Windows 7 (2009), dan Windows Vista (2007). Windows biasanya diinstal atau disertakan pada kebanyakan komputer baru, sehingga membantu membuat windows menjadi sistem operasi terpopuler di dunia.

Mac OS X

sistem operasi komputer mac os x
Mac OS X merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple. Sistem operasi ini di-install pada semua komputer Macintosh baru. Semua versi terbaru dikenal sebagai OS X, dan versi tertentu diantaranya Sierra (dirilis pada tahun 2016) El Capitan (2015), Yosemite (2014), Mavericks (2013), Mountain Lion (2012), dan Lion (2011).
Menurut StatCounter Global Stats, pengguna Mac OS X diseluruh dunia kurang dari 10%, jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan pengguna Windows (lebih dari 80%). Salah satu alasannya adalah karena komputer Apple cenderung lebih mahal. Namun, banyak orang yang lebih suka tampilan dan nuansa Mac OS X bila dibandingkan dengan Windows.

Linux



sistem operasi komputer linux
Linux merupakan keluarga sistem operasi open-source, yang berarti bahwa mereka dapat dimodifikasi dan didistribusikan oleh siapa saja di seluruh dunia. Hal ini berbeda dengan software yang memiliki hak paten seperti Windows, yang hanya dapat dimodifikasi oleh perusahaan yang memilikinya. Kelebihan linux adalah karena sistem operasi ini gratis, dan ada banyak distribusi linux yang berbeda yang bisa anda pilih.

Menurut StatCounter Global Stats, pengguna Linux diseluruh dunia kurang dari 2%. Namun, sebagian besar komputer server menggunakan Linux karena relatif mudah diatur dan tangguh.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon